Sabtu, 01 Januari 2011

Koleksi Software PC Pilihan 2011

1. Google Chrome
    Software berbasis open source dari google ini merupakan aplikasi browser untuk berselancar/menjelajahi dunia maya. Tampilan minimalis dengan control panel ada di pojok kanan atas. Performa oke, ringan, cepat dalam membuka situs web html maupun java script dapat berlangsung cepat. Fitur : most visited speed dial, safe browsing (incognito), shortcut keyboard dll.


OS : Windows, Linux, MacOS
Versi terbaru : 9.0.576.0
Performa : 8,2


2. Bit Loard

    Merupakan aplikasi peers to peers untuk mendownload file torrent (torrent client) yang dibangun berbasis C++. Aplikasi torrent client cocok digunakan jika kita mendownload file dengan ukuran besar (ratusan megabit atau bahkan ukuran gigabit). Dengan tampilan yang simpel, aplikasi ini mudah untuk digunakan dan memiliki kecepatan download yang optimal. Fitur : simultaneous download, speed limit, ip filter, fast resume, chatting antar peers dll. 
BitLord

OS : Windows
Versi terbaru : 1.2
Performa : 8,3

3. Internet Download Manager
   Anda memerlukan aplikasi download manager yang mumpuni? Anda dapat mencoba Internet Download Manager (IDM). Fitur : Download resume, download speed acceleration, flash video grabber (youtube dll), download scheduler, advanced browser integration, dynamic segmentation download, dukungan terhadap berbagai server proxy ISA, FTP, HTTP dll. 


OS : Windows
Versi terbaru : 6.04
Performa : 8,5

4. SM Player
   Anda sering menonton film di PC anda? Jika iya, anda pasti menginginkan sebuah aplikasi movie player yang komplit. Salah satunya yang terbaik adalah SM Player, aplikasi nomer wahid dalam urusan memutar video. Merupakan software open soure dari core M-Player (video player punyanya Linux), dan dibangun dengan GUI cross-platform Qt yang memiliki kestabilan tinggi. Fitur : mendukung banyak format video (hampir semua format video dapat diputar), audio & subtitle delay adjustment, video setting, multiple speed playback (bisa dicepetin 2x, atau 4x bahkan 8x).


OS : Windows, Linux
Versi terbaru : 0.69
Performa : 8,9

5. Xion Audio Player
    Jika anda menginginkan sebuah aplikasi pemutar audio yang ringan tetapi memiliki tampilan skin yang eye-catchy namun ringan, maka anda dapat mencoba Xion Audio Player. Dibandingkan dengan aplikasi pemutar audio lainnya, Xion memiliki karakteristik suara output yang unik dan lebih nge-bass, sehingga sesuai untuk speaker yang memiliki karakter treeble. Fitur: Skin dapat diganti sesuai selera, banyak mendukung format audio yang umum digunakan seperti mp3, ogg, aac, ape, aiff, ac3, flac, midi, wma dll.

                

OS : Windows
Versi terbaru : 1.0 build 127
Performa : 7,6

6. Evince
   Sebagai orang kantoran atau pelajar, mungkin anda sering menemui file dokumen yang anda download memiliki format .pdf. Kita sudah mengenal aplikasi pdf reader seperti Adobe Acrobat, namun versi terbaru dari aplikasi yang dibuat oleh adobe ini memiliki ukuran file installer yang besar (ratusan megabit). Sebagai alternati kita memakai pdf reader yang bernama "evince". Aplikasi evice ini memiliki beberapa keunggulan yang tak dimiliki aplikasi pdf reader lainnya, yakni dapat membuka dan men-copy file pdf yang dienkripsi dengan password maupun anticopy (file pdf yang tidak bisa di copy). Fitur lainnya : mendukung file berformat selain pdf yakni postscript, djvu, dvi, cbr, cbz dll. Memiliki tapilan sederhana, sebab awalnya aplikasi ini dikembangkan hanya untuk OS Linux berbasis Gnome, namun sekarang sudah ada versi untuk OS Windows.


OS : Windows, Linux
Versi terbaru : 2.30.3
Performa : 7,9

7. 7Zip
  Apakah anda sering mendapatkan file yang berektensi zip, rar, lzma, 7zip, gzip atau tar.gz? Nah, itu merupakan beberapa contoh file terkompresi. Untuk membuka file tersebut, kita memerlukan aplikasi ekstraktor. Salah satunya adalah 7Zip ini. Fitur : rasio kompresi yang tinggi dengan format kompresi lzma, enkripsi file (diberi password) dengan metode AES-256, mendukung aneka format kompresi, seperti 7z, lzma, gzip, bzip, rar dll.


OS : Windows (resmi), Linux (unofficial), MacOS (unofficial), Solaris (unofficial), BSD (unofficial), Amiga    (unofficial), BeOS (unofficial)
Versi terbaru : 9.20
Performa : 8,0

8. PDFSam
   PDFsam merupakan singkatan dari PDF Split and Merge. Betul sekali, secara harafiah berarti Software yang dapat memisah atau menggabungkan halaman dari suatu file berformat pdf. Fitur : Join dan split halaman file pdf, edit properties dan membuang password pdf, menambahkan efek audio dan anotasi pada pdf yang diedit.


OS : Windows, Linux (Open source), MacOS
Versi terbaru : 2.21
Performa : 7,8

9. GIMP
   Senang mengedit gambar atau foto? Ada aplikasi opensource yang mirip dengan Adobe Photoshop, yaitu GIMP (GNU Image Manipulation Program). Fitur : tampilan dapat di customize, digital retouching, photo enhancement, mendukung beragam format gambar (tiff, jpeg, jpg, gif, png, psd, dll.),


OS : Windows, GNU/Linux, MacOS X, BSD, Solaris
Versi terbaru : 2.7
Performa : 8,0


10. Oxelon Media Converter
    Aplikasi ini merupakan konverter format video yang memiliki kualitas hasil konversi yang sangat bagus (faktor loss quality sangat kecil). Fitur : proses konversi yang cepat tergantung pada multi-core prosesor, direct stream copy, dapat mengekstrak audio dari suatu file video, customizable setting video, format video yang didukung antara lain 3gp, asf, avi, mpeg, mpeg2, flv, nut, raw, rmvb, svcd, swf, vob, yuv, m4v dll.


OS : Windows
Versi terbaru : 3.1
Performa : 82

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Entri Populer